Pages

Rabu, 22 Mei 2013

APA KEHEBATAN MOL BONGGOL PISANG ?

Salam Pertanian !! Halo bagaimana kabar anda Petani Idonesia ? Mudah-mudahan selalu sehat dan selalu semangat. Masih melanjutkan topik yang kemarin tentang MOL (mikroorganisme lokal)  kali ini  maspary di Gerbang Pertanian akan menginfokan tentang MOL bonggol pisang. Walaupun kelihatannya bonggol pisang sangat sepele tapi sebenarnya kalau dimanfaatkan bisa luar biasa.

mol-bonggol-pisang

MOL bonggol bisang ini sebenarnya sebuah reques dari beberapa rekan maspary yang ingin tahu lebih jauh tentang MOL tersebut. Sebenarnya yang bisa dibuat mol bukan hanya bonggol pisang saja tetapi batangnyapun bisa digunakan untuk MOL, tetapi kalau MOL batang pisang manfaatnya tidak sehebat bonggol pisang. Dalam mol batang pisang lebih banyak mengandung unsur hara P atau phospat sehingga banyak digunakan sebagai penambah nutrisi tanaman.
Kalau begitu apa kandungan MOL bonggol pisang maspary ?
Menurut beberapa literatur yang maspary baca dalam MOL bonggol pisang mengandung Zat Pengatur Tumbuh Giberellin dan Sitokinin. Selain itu dalam mol bonggol pisang tersebut juga mengandung 7 mikroorganisme yang sangat berguna bagi tanaman yaitu  : Azospirillium, Azotobacter, Bacillus, Aeromonas, Aspergillus, mikroba pelarut phospat dan mikroba selulotik. Tidak hanya itu MOL bonggol pisang juga tetap bisa digunakan untuk dekomposer atau mempercepat proses pengomposan. Hebat bukan ?

Bahan pembuatan MOL bonggol pisang :
  1. 1 kg bonggol pisang
  2. 2 ons gula merah
  3. 2 liter air beras.

Cara membuat MOL bonggol pisang :
  1. Bonggol pisang dipotong-potong kecil lalu ditumbuk-tumbuk
  2. Iris - iris gula merah lalu masukkan dalam air cucian beras dan aduk-aduk sampai larut
  3. Campurkan air cucian beras yang sudah ada gulanya ke dalam bonggol pisang.
  4. Masukkan dalam jerigen dan tutup rapat, setiap 2 hari atau jika menggelembung buka tutupnya.
  5. Dari pengalaman maspary setelah 15 hari biasanya siap digunakan.
Sekali lagi maspary mengajak rekan-rekan Petani Indonesia untuk selalu memanfaatkan bahan-bahan yang ada disekitar lingkungan kita. Terutama bagi rekan-rekan Gerbang Pertanian yang ingin menghemat usaha taninya, atau rekan-rekan maspary yang “maaf” tidak mempunyai banyak dana untuk usahataninya. Coba kalau kita praktekkan dan kita terapkan resep-resep MOL yang maspary berikan beberapa waktu yang lalu, pasti bisa sangat mengurangi biaya usaha kita. Paling tidak bisa mengurangi biaya pembelian pupuk kimia maupun pupuk organik cair ( POC).
Semoga resep sederhana tentang MOL bonggol pisang tersebut bisa bermanfaat bagi Petani Indonesia
Sukses selalu buat Petani Indonesia !

1 komentar:

boleh minta literaturnya tentang kandungan bonggol pisang, kalau bisa dalam bentuk jurnal ya....
ni email saya drjat_suro@yahoo.co.id

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More